Skip to main content

Bisnis Online “Automatic” (Chapter 6)

Halo Sobat Panduan Sukses,

Dengan Aditya S disini…

Di Chapter 5 kemarin kita sudah membahas tentang bagaimana mengkondisikan new subscriber agar membiasakan diri membuka email dari kita dan bagaimana mengatur autoresponder.

Jika belum membaca Chapter 5, silahkan kesini

 

Berbicara tentang autoresponder, seperti yang saya bicarakan di awal pembahasan Bisnis Online Automatic, ada 3 autoresponder besar yang paling banyak digunakan para internet marketer pro, yaitu Aweber, Get Response dan MailChimp. Autoresponder besar dan terpercaya akan membuat email yang kita kirim 90% lebih masuk inbox. Dan juga banyak tools-tools yang terintegrasi dengan autoresponder biasanya hanya “mau” menerima integrasi dengan autoresponder tertentu.

Lalu apakah autoresponder lain jelek?
Tidak..

Ada beberapa Autoresponder lokal yang akrab di telinga saya seperti Profit Sender, VioSender, ListKingdom dan KirimEmail. Yang terakhir ini adalah autoresponder baru, namun dikelola sangat profesional. Foundernya Mas Fikry Fatullah, alumni juragan pemasaran di Yuk Bisnis. Saya telah membuat review khusus tentang Kirim Email ini, Anda bisa lihat disini.

Anda bisa googling autoresponder mana, yang fiturnya  paling cocok. Tapi jangan kelamaan pilih autoresponder. Yang penting segera ACTION, hehe :D.


Email sending


Beberapa Hal yang perlu diperhatikan dalam membangun List
:

  1. Berikan Value, kalau perlu berlebih
    Dari GIFT yang Anda berikan, baik Ebook, Special Report, maupun artikel berseri, pertahankan kualitasnya. Memang betul di awal kita tidak perlu menunggu perfect dulu untuk membuat sebuah Gift, tapi seiring dengan berjalannya waktu, Anda tidak dilarang untuk mengedit kontennya untuk menjadi lebih baik lagi.
    Di dalam Free Ebook saya “Trik Jitu Jualan dengan Facebook” tersebut, saya paling sering mengedit kontennya.
    Selain serial autoresponder yang sudah Anda susun kemarin, Anda juga perlu memberikan update. Anda perlu mengirimkan email yang sifatnya Live (Anda ketik lalu Anda kirim saat itu juga). Ini untuk memberikan kesan bahwa email yang mereka baca itu bukan dari robot.
  2. Kirim Email sewajarnya
    Jangan karena sudah Anda beri GIFT, lalu Anda bebas kirim email promosi sebanyak-banyaknya. Bakal banyak yang unsubscribe.
    Lalu berapa batas kirim email agar tidak terlalu banyak?
    Jika Anda sedang ada promo dan kirim email hardsell, cukup maksimal 3 kali saja dalam 1 minggu. Atau dapat juga Anda selingi dengan email softsell.
    Sebaliknya, kirim email jangan juga terlalu jarang. Sebulan sekali atau malah setahun sekali… Mereka akan lupa pada Anda, dan market akan jadi dingin kembali…
    Setidaknya dalam 1-2 minggu, Anda kirimlah email, baik itu hanya sapaan, info baru atau ada artikel update.
  3. Membina Hubungan
    Ada istilah “The Money is not  in the list, but the money is in the relationship list”.
    Memiliki list banyak, bukan jaminan penghasilan Anda juga banyak. Sebaliknya, jika list Anda sedikit pun, tapi relationshipnya bagus, omset akan ikut terdongkrak.
    Salah satu cara membina hubungan yang saya lakukan adalah dengan memberikan akses ke akun social media saya. Di kondisi tertentu, kadang saya mengirim email yang di dalamnya terdapat link menuju postingan facebook saya. Dengan begitu, mereka yang belum berteman di facebook, kemungkinan mengirim permintaan pertemanan kepada saya. Sehingga jadi lebih kenal dan lebih akrab dengan membaca update status di akun social media.
    Selain itu, dalam making relationship, Anda dapat mengirim update konten yang berkualitas, dan sesekali beri mereka surprise ,misal yang saya lakukan di salah satu newsletter PanduanSukses, saya membagikan produk digital gratis setiap bulan (biasanya berupa graphics).
  4. Good Product = Good Relationship
    Produk yang Anda promosikan juga mempengaruhi kepercayaan buyer Anda. Sekalipun Anda dropshipper, reseller atau affiliate marketer, Anda perlu memperhatikan kualitas produk yang Anda promosikan.
    Jika produknya sembarangan dan low value, buyer akan lari dan unsubscribe Anda. Sebaliknya, jika produk yang Anda promosikan itu high value, mereka akan selalu menanti email penawaran Anda dan “bertahan” di newsletter Anda.
    Setiap hari,setiap minggu lahir produk-produk digital baru. Namun, PanduanSukses berkomitmen untuk melakukan proses screening, tes dan review terlebih dahulu untuk memastikan produk-produk yang dipromosikan itu high value dan dibutuhkan oleh pelanggan.
    Pada akhirnya, tidak sedikit yang membeli produk digital lebih dari 2-3 kali bahkan beli hampir setiap produk baru yang dipromosikan.
  5. Mulailah Sekarang
    Sama sekali bukan harapan saya, jika Anda baca serial artikel Bisnis Online Automatic, hanya menambah wawasan saja, tapi masih menunda praktek.
    List Building adalah membangun bisnis jangka panjang. Semakin menunda, akan semakin menyesal di suatu hari nanti ketika Anda baru memulainya. Jangan takut salah, jangan takut berinvestasi. Di awal memulai, saya belajar autodidak. Hanya berbekal sering lihat squeeze page, salespage dan sering subscribe orang-orang yang lebih ahli. Saya mempelajari copywriting email dari setiap newsletter yang saya ikuti.
    Jangan takut untuk memulainya… Setidaknya Anda masih memiliki Google sebagai sahabat terbaik 😀 .

 

Baik itulah pembahasan tentang autoresponder dan tips bagaimana membina hubungan dengan subscriber Anda. Di chapter 7 (terakhir) nanti, kita akan membahas tentang SalesPage, si striker haus gol yang akan mengegolkan omset-omset fantastis ke dalam bisnis Anda.

 

Untuk materi update chapter 7, silahkan langsung kesini

Anda juga boleh join ke newsletter kami yaitu:
“Trik Jitu Jualan di Facebook”, “Free Produk Digital Setiap Bulan” 

Semoga Bermanfaat…

Silahkan bagikan ke teman Anda…

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...