Skip to main content
Facebook Ads

Beragam Jenis Facebook Ads yang Dapat Dipilih untuk Beriklan

Saat ini banyak media sosial (yang tentunya Indonesia menjadi salah satu pengguna terbesar!), memiliki fitur iklannya sendiri, seperti Facebook. Dalam data We Are Social, pengguna internet saat ini mencapai 3,25 miliar. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Sebelum berbicara tentang Facebook Ads, kami akan mengajak Anda “menjelajahi” pengguna internet, khususnya Facebook di Indonesia.

Masih dalam data yang sama, jumlah pengguna internet (terhitung pada 2015 akhir) di Indonesia berjumlah 88,1 juta. Peluangnya, 79 juta di antaranya merupakan pengguna media sosial aktif—yang tentunya Facebook masuk di dalamnya.

Sementara jumlah pengguna mobile sekitar 318 juta, di mana 67 juta di antaranya menggunakan smartphone untuk mengakses media sosial. Inilah alasan media sosial menjadi platform tepat dalam beriklan dan Facebook sebagai media sosial yang paling populer.

Data terbaru yang dirilis Facebook Indonesia mengatakan daily active user (DAU)—mereka yang membuka satu kali per hari—berjumlah 43 juta. Di mana 40 juta (atau 90%) di dalamnya membuka Facebook menggunakan perangkat mobile. Sedangkan ada 82 juta pengguna aktif bulanan Facebook—terhitung mereka yang mengakses Facebook sekali dalam sebulan, 77 jutanya menggunakan perangkat mobile atau 94%.

Maka jangan heran, jika secara keseluruhan Facebook memiliki lebih dari 1,4 miliar orang yang terkoneksi, Facebook Ads menjadi cara yang tepat dan kuat untuk beriklan.

Selain dari jumlah banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, ada beberapa benefit saat beriklan di Facebook. Adanya Facebook Adverts Manager, iklan akan lebih menyasar target yang sangat tepat. Pengguna bisa memilih audiens yang diinginkan, berdasarkan lokasi, demografi, minat, kebiasaan, hingga koneksi dengan meraih teman audiens yang Anda tuju.

Dengan fitur tersebut, pengguna juga bisa mengevaluasi kinerja iklan. Seperti mengecek jumlah iklan ditampilkan, berapa banyak orang mengeklik atau tindakan lainnya, dan data biaya cost per click, cost per like, dan cost per conversion. Dan yang pasti, budget yang dikeluarkan untuk Facebook Ads lebih terkontrol.

Jenis-jenis Facebook Ads

Saat membuka akun Facebook, Anda menemukan beberapa jenis iklan yang muncul di beranda. Mulai dari video, gambar (dan beberapa gambar dalam satu post), atau sekadar teks. Facebook Ads memang memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan.

Mari kita bahas satu per satu. Jangan lupa untuk ambil catatan jika berniat serius memanfaatkan Facebook Ads untuk bisnis Anda.

Page Post Engagement

Jenis iklan ini bisa menaikkan reputasi. Status, foto, video, link website, ataupun penawaran yang telah dibuat sebelumnya, bisa Anda sebarluaskan ke khalayak yang lebih besar untuk meraih engagement (likes, share, atau comment). Bisa dibilang, jenis iklan Facebook ini merupakan jenis iklan yang paling baik untuk engagement postingan Anda.

Page Likes

Anda mungkin bertanya, “Seberapa penting likes dalam sebuah akun bisnis di Facebook?”. Faktanya, jumlah likes berpengaruh kepercayaan audiens kepada bisnis Anda. Pertama, jumlah likes membangun kredibilitas yang kuat di komunitas media sosial. Semakin banyak likes, semakin banyak pula orang yang suka atau percaya dengan Anda. Kedua, saat seseorang likes page bisnis Anda, post akan muncul di news feed teman-teman mereka tanpa Anda harus bayar!

Click to Website

Click to Website hampir mirip dengan Page Post Engagement Ads, tapi fokus mereka adalah mengarahkan click ke website. Ada tombol call to action yang akan mengajak audiens untuk membuka halaman website yang dimaksud. Semakin bagus gambar dan konten, peluang audiens untuk membuka semakin besar.

Website Conversions

Anda mungkin tidak hanya ingin audiens mengklik website atau me-likes page. Website Conversions menggerakkan audiens untuk datang ke website, sekaligus membeli produk yang ada. Tinggal infokan apa yang Anda inginkan, apakah checkout, leads, atau registration.

Event Responses

Jika bisnis Anda memiliki acara, jenis Facebook Ads inilah yang paling tepat. Jadi, jika ingin menggunakannya pastikan membuat konten yang menarik, lalu promosikan ke market yang lebih spesifik.

App Instal/App Engagement

Anda pasti pernah menerima undangan bermain games di Facebook. App Install memungkinkan Anda untuk mengiklankan games yang telah dibuat. Atau jika Anda memiliki aplikasi mobile dan ingin attach ke halaman bisnis, maka ini pilihan yang tepat. Buat iklan untuk mengajak audiens me-download aplikasi yang ada.

Sudah menemukan jenis Facebook Ads mana yang sesuai dengan bisnis Anda?

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...